Senin, 18 Maret 2013

Karakteristik Facebook

Facebook muncul pada kwartal pertama di tahun 2004 tepatnya pada bulan februari. Pada dasarnya, facebook memiliki karakteristik yang sama dengan pendahulunya yakni friendster dan myspace. Kesamaan tersebut terletak pada fungsinya sebagai media jejaring sosial, media yang saling menghubungkan antara satu yang lainnya. Inilah yang menyebabkan facebook semakin hari semakin besar jumlah penggunanya. Karena memang sifat dasar manusia untuk saling berinteraksi antara sesama. Terlebih, facebook memiliki kenggulan yang tidak dimiliki oleh media sejenis seperti twitter dan lainnya. Facebook memiliki fasilitas chatting atau obrolan dengan proses kirim yang sangat cepat (real time) yang tidak dimiliki pesaing terdekatnya. Inilah yang menjadi penyebab facebook masih bisa bertahan sampai detik ini, walaupun gempuran media jejaring sosial terus berdatangan.
Selain keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, facebook memiliki fasilitas penyimpanan foto yang tak terhingga. Foto-foto yang diunggah ke dalam facebook dapat diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan penggunanya untuk sekedar melihat-lihat album yang telah mereka buat. Hal ini juga menjadi sifat dasar manusia yang ingin terlihat dan ingin diakui keberadaannya di tengah-tengah komunitasnya. Dengan adanya fasilitas penyimpanan foto ini, para pengguna facebook bisa menampilkan foto mereka dan langung terlihat oleh pengguna yang lainnya. Ini menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi penggunanya.
Facebook kini menjelma menjadi situs jejaring yang paling berpengaruh. Facebook mulai merambah menjadi media promosi yang sangat ampuh. Facebook sering digunakan oleh partai politik untuk mempromosikan partainya bahkan mempromosikan calon-calon mereka untuk menduduki orang nomor satu di negaranya. Contoh yang paling terkini yakni pengaruh facebook terhadap terpilihnya presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Tokoh yang menjadi orang nomor satu di negara adidaya tersebut, menggunakan facebook sebagai media kampanyenya. Kemudian hal ini terus diikuti oleh oleh sebagian besar orang di negara-negara lain. Selain itu, facebook juga menjadi media promosi yang ampuh bagi perusahaan atau orang dalam memperkenalkan produk yang ingin mereka pasarkan. Dan hal ini terbukti ampuh dalam peningkatan penjualan produk mereka. Hal ini tentu disukai oleh para pelaku bisnis.


*Keterangan

Tulisan ini saya buat sebagai acuan teoretis dalam calon tesis saya mengenai facebook

Artikel Terkait:

Recent Post

2 komentar:

Obat Telat Bulan mengatakan... [Reply to comment]

makasih infonya

jhon marfun mengatakan... [Reply to comment]

At the moment Gemini is leading Gemini Support Number
line trading platform. Gemini user experience is usually a pleasant one but on rare occasions users find it difficult to sign in to their Gemini account. Seek the help of Gemini customer service number in such situation. The highly professional executive at Gemini solves all your queries carefully and provides users with precise answers. Dial Gemini toll free number and enjoy seamless services.
Gemini customer support number
Gemini Number
Gemini Contact Number
Gemini Toll Free Number
Gemini Support Number
Gemini Phone Number
Gemini Helpline number
Gemini Support Phone number
Gemini Customer Support
Gemini Customer Service
Gemini Customer Service Number
Gemini Wallet phone Number

Posting Komentar

 

follow me via fb

Followers

Supported By

Pernah goblogging